• Profil
        • Visi, Misi dan Tujuan
        • Struktur Organisasi
      • Kurikulum
      • Sistem Informasi
        • Akademik dan Kemahasiswaan
          • Indikator Agenda Skripsi (Munaqasyah)
          • Indikator Seminar Proposal
          • Indikator Ujian Komprehensif
        • Pendidikan
        • Penelitian
        • Pengabdian
        • Tata Pamong
        • Kerjasama
        • Mahasiswa
        • SDM
        • Luaran
      • Sivitas Akademika
        • Dosen
        • HMP
      • Jurnal
        • Jurnal Tarikhuna
        • Jurnal UIN Imam Bonjol
      • Zona Integritas
      • Hasil Survey
Tadris IPS SejarahTadris IPS Sejarah
      • Profil
        • Visi, Misi dan Tujuan
        • Struktur Organisasi
      • Kurikulum
      • Sistem Informasi
        • Akademik dan Kemahasiswaan
          • Indikator Agenda Skripsi (Munaqasyah)
          • Indikator Seminar Proposal
          • Indikator Ujian Komprehensif
        • Pendidikan
        • Penelitian
        • Pengabdian
        • Tata Pamong
        • Kerjasama
        • Mahasiswa
        • SDM
        • Luaran
      • Sivitas Akademika
        • Dosen
        • HMP
      • Jurnal
        • Jurnal Tarikhuna
        • Jurnal UIN Imam Bonjol
      • Zona Integritas
      • Hasil Survey

Akademik

  • Home
  • Blog
  • Akademik
  • Keluaran dan Capaian Tridharma

Keluaran dan Capaian Tridharma

  • Posted by admin_TIPS
  • Categories Akademik
  • Date 18 Juni 2022
Kebijakan
Penyelenggaraaan proses pendidikan di Prodi Tadris IPS konsentrasi Sejarah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, berkaitan dengan mengatur keluaran dan capaian darma pendidikan, yang        meliputi IPK lulusan, prestasi mahasiswa (akademik dan nonakademik), masa studi, kelulusan tepat  waktu, keberhasilan studi, tracer study, waktu tunggu, relevansi bidang pekerjaan, dan tingkat kepuasan pengguna lulusan diatur oleh peraturan yang berlaku di UIN Imam Bonjol Padang sepertti dasar hukum dibawah ini

1.            Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;

2.            Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2500 Tahun 2018 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Jenjang Sarjana pada PTKI;

3.            Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 706 Tahun 2018 tentang Panduan Pengembangan Kurikulum Program Studi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam;

4.            Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Nomor: B-759/DJ.I/Dt.I.III/04/2020, tanggal 11 April 2020;

5.            Keputusan rektor UIN Imam Bonjol Padang mengenai kurikulum, buku kurikulum ini berisi tentang penggunaan dan pelaksanaan penggunaan kurikulum KKNI di UIN Imam Bonjol Padang

6.            Keputusan Rektor UIN Imam Bonjol Padang Nomor 2653 Tahun 2018 tentang Buku Pendoman Akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang.

7.            Surat Keputusan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang tentang Pedomana Penulisan Skripsi

8.            Surat Keputusan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang Bentuk dan Mekanisme Sidang Munaqasyah Tugas Akhir Dalam Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang.

9.            Keputusan Rektor UIN Imam Bonjol Padang No : 1643 Tahun 2018 Tentang Standar Penjamin Mutu (SPMI) Internal UIN Imam Bonjol Padang berisi tentang penysusunan kurikulum, sosialisasi kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan tindak lanjut pelaksanaan kurikulum di UIN Imam Bonjol Padang

Kebijakan yang telah diuraikan diatas disosialisasikan, dilaksanakan konsisten setiap tahunnya. Sebagai pedoman, acuan dalam melaksanakan dan mencapai luaran darma pendidikan. Kemudian dalam pelaksanaan luaran darma pendidikan selaalu mengikuti aturan yang berlaku di UIN Imam Bonjol Padang. Dan setiap luaran darma pendidikan yang telah dilakukan selalu di dokumentasikan secara digital dan cetak, yang dapat diakses melalui link.

Prestasi Mahasiswa

Data prestasi akademik (seperti menjadi pemenang atau juara 1, 2, 3, atau harapan dalam lomba karya tulis ilmiah, kegiatan olimpiade  ilmiah, debat, pengembangan model, dan lain-lain) dan prestasi nonakademik (seperti bidang olah raga, seni, pramuka, dan kesehatan) dalam  tiga tahun terakhir (Tabel 9.1.2.2).

Tabel 9.1.2.2 Prestasi Mahasiswa

No Nama Mahasiswa Prestasi yang

Dicapai

Waktu

Pencapaian

Tingkat
Internasional Nasional Lokal
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
1 Ummu Awiyah Siregar Juara 2 Cerdas Cermat Pekan Kreatif Mahasiswa 2021     V
2 Willa Sabdina Juara 2 Lomba Debat Antar Mahasiswa se Sumatera Barat 2020     V
3 Dea Medi Silpana Juara 3 Lomba Vidio Sejarah FTK 2020     V
4 Istiqomah Juara 2 Lomba Vidio Sejarah FTK 2020     V
5 Arif Hidayat Juara 2 Lomba Membuat Media Pembelajaran 2020     V
6 Fajar Nuswantoro Aji Cum Loude 2020     V
7 Riri Angelita Fitri Cum Loude 2020     V
8 Depika Resti Cum Loude 2020     V
9 Nazifah Mahmudah Siregar Juara 2 Kompetisi Sains Madrasah Online 2020     V
10 Asrizal Melayu Juara 2 Lomba Debat 2020     V
11 Wina Oktavia Juara 1 Lomba menulis cerita rakyat 2019   V  
12 Nadiya Afifah Juara 2 Lomba menulis cerita rakyat dan pantun 2019   V  
13 Atmi Kepri Cum Loude 2020     V
14 Vilmia Indri Cum Loude 2020     V
15 M. Yoelando Zafran Cum Loude 2020     V
16 Yuliana Tahfidzh 2 Juzz Al-Qur’an  Wisudawan Boarding School SMKN 1 Sumatera Barat 2016     V
17 Fadilla Tahfidz 2 Juzz Al-Quran Wisadawan Bording School SMKN 1 Sumatera Barat 2016     V
18 Miftahul Jannah Azan Boarding Meeting Peringata 1 Muharram 2017     V
19 Depika Resti Nnasyid Boarding Meeting School SMKN 1 2017     V
20 Sonia Aprida Kemah Bakti 2017     V
21 Depika Resti Gerkan Pramuka TingkatPenggalang 2017     V
22 Rudianto Lomba Semaphore Pramuka 2017     V
23 Intan Efriyani Lomba Tingkat 1 2017     V
24 Anggun Rahmadani Lomba pidato bahasa arab tingkat MA sekabupaten tebo 2018     V
25 Putri Patma Negara Hasibuan Peserat Event 2018      
26 Mhd Ikhsan Trisnadi Talitemali Pramuka Reimuna Cabang 2018     V
27 Iyes Olivia Musabaqoh Fahmil Quran 2018     V
28 Ayu Elnita Lomba Pidato Bahasa Arab Tingkat MA 2018     V
29 Vevi Nurmala Sari IB Fest UIN Imam Bonjol Padang oleh UKM Musik Kampus 2019     V
30 Nurhariani Suci Lomba nyanyi Lgu Religi 2019     V
31 Rido Saputra Bidang Fahmil Qur’an pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional 2019   V  
32 Yesa putri agustin Volly Ball 2019     V
33 Arnita Tahfizh 3 Juzz Al-Quran 2019     V
34 Yahyani rabiah Cabang Khatil Naskah putri pada MTQ ke-VI 2019     V
35 Fitsilia widya sari Khutbah Jumat 2019     V
36 Miftahul Jannah Musabaqoh Syahril Qur’an 2019     V
37 Nadiya Afifah MTQ PPM Darussalam 2019     V
38 Novi Arman Putri Basis Masyarakat dalam seleksu Duta Genre 2019     V
39 Siti Fatimah Duta GenRe 2019     V
40 Fitri Humairah Wafid Lomba Pramuka 2019     V
41 Tegar Muhammad Iqbal Lomba Tari Drama Kabupaten Padang Lawas 2019     V
41 Andre Andhika Sabila Lomba Vlly Pondok Pesantren 2019     V
42 Revi Tiara Ningsih Lomba Khutbah Jum’at tingkat kecamatan di Kabupaten Pesisir 2019     V
43 Mela Ayu Wandira Lomba Fashion Show 2019     V
44 Zella Ardenia Musabaqah Tilawatil Quran 2019     V
45 Ranti Oktaviani Kejuaraan pencak Silat dalam rangka Kegiatan Komsos Kreatif Makorem 022/PT 2019     V
46 Junita popitri Sari Tilawah 2019     V
47 Amanda Fauziah Putri Kaligrafi (MTQ) kelas 1 2019     V
48 Nisa Ulaini Khatil Naskah Putri Pada Tingkat MTQ ke-VI Tingkat Provinsi 2019     V
49 Rudianto MTQ 2019     V
50 Yunda Septiawan Lomba Pidato Bahasa Arab tingkat MA 2019     V
51 Putri Amelia Sari Lomba Syahril Qu’an 2019     V
52 Rina Melia Putri Lomba TILAWAH MTQ 2019     V
53 Syahriani Saritilawah Tingkat Kecamatan 2019     V
54 Zainal Mustafa  Seleksi Duta Genre Tingkat Kabupaten Mukomuko tahun 2019     V
55 Hanifa Patihardani Juara Teletemali Pramuka 2019     V
56 Adawiyah MTQ 2019     V
57 Yuliana Tartil Qur’an se Pondok Pesantren Al Barokah 2019     V
58 Asrizal Melayu Pidato Bahasa Arab 2019     V
59 Fhadillah Rahmi Siregar Pekan Olahraga dan Seni Pesantren 2019     V
60 Aisyah Purnama Sari Lomba Desain Poster Tema melawan Covid-19 2020     V
61 Welli Purnama Peserta Olimpiade Matematika 2020   V  
62 Rina Putri Kembarani Kompetisi Sains Madrasah Online 2020     V
63 Selpia Anggraini Kalirafi (MTQ) kelas 2 2020     V
64 Tegar Muhammad Iqbal Syarhil Qur’an (MTQ) 2020     V
65 Ikhtisyah Hayati Alis Lomba Debat 2020     V
66 Monica Febtianti Lomba Volly Putri 2020     V
67 winda Ramdani Lomba Semaphore Pramuka 2020     V
68 Yohanna Sadrina Musabaqah Tilawatil Quran Nasional angkatan ke 12 Tingkat kabupaten Padang Lawas

Bidang Fahmil quran

2020     V
69 Elvi Novita Tartil Qur’an se pondok pesantren Al Barokah Kabupaten Dharmasraya 2020     V
70 Faujian Lhaystari Dea Juara 3 smapore Pramuka tingkat Penggalang 2020     V
71 Mutia Yolanda Pidato Bahasa Arab tingkat Provinsi Bengkulu 2020     V
72 Amelia Oktavia Lomba Volly Ball Tingkat SMA 2020     V
73 Puji Aulia Rizal Lomba tari drama 2020     V
74 Putri Wellisa Anggraini  Lomba syarhil Qur’an (MTQ) tingkat kabupaten Mandailing Natal 2020     V
75 Sintiya Fajar Wati Juara 3 Duta GenRe Kab.Agam 2021     V
76 Diandra Bella Juara 2 Lomba Sholawat Nabi Tingkat Dewasa oleh Majlis Ta’lim Al Hidayah 2021     V
77 Zakaria Maulana Harapan 1Lomba Tata Cara Upacara Bendera 2021     V
78 Irpan Tajuddin Pekan Olahraga dan Seni Pesantren 2019     V
Jumlah 4 74

 

Capaian prestasi mahasiswa dapat dilihat dari akademik dan non akademik. Prestasi bidang akademik mahasiwa berdasarkan Renstra FTK UIN Imam Bonjol Padang tahun 2017-2021. Tentang perlunya peningkatan kualitas konten untuk mempersiapkan calon lulusan untuk meningkatkan ke jenjang yang lebih tinggi yakni program pasca sarjana. selain itu perlunya peningkatan keterpakaian lulusan di tengah-tengah masyarakat. Mahasiswa prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah dalam bidang akademik telah menjuarai berbabagai perlombaaan seperti Debat Sejarah, menjadi Lulusan Terbaik, lomba membuat video pembelajaran dan lain-lain seperti yang tertera di diatas. Prestasi non akdemik mahasiswa prodi tadris IPS konsentrasi sejarah terlihat dari berbagai jenis lomba yang diikuti baik bersifat keagamaan, olahraga, seni dan keterampilan lainya, perlombaan ini di dominasi pada tingkat lokal/wilayah namun beberapa yang sudah di tingkat propinsi, banyak kegiatan yang telah diikuti oleh mahasiswa setia kegiatan yang diikuti dengan baik dengan target prestasi yang tinggi pada setiap evennya. Prestasi non akademik mahasiswa prodi tadris IPS Konsentrasi Sejarah seperti pada tabel.

Studi Mahasiswa

Tahun Masuk Jumlah Mahasiswa Diterima Jumlah Mahasiswa yang Lulus Jumlah Lulusan sd Akhir TS Rata-Rata Masa Studi
Akhir TS-6 Akhir  TS-5 Akhir TS-4 Akhir TS-3 Akhir TS-2 Akhir TS-1 Akhir TS
TS-6 80       3 58 4 4 69 4,5
TS-5 64         5 30 4 39 4,5
TS-4 119           33 56 89 4,3
TS-3 86             36 36 4.0

Tracer Study

Tabel 9.1.2.4 Tracer Study, Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Tahun Lulus Jumlah Lulusan Jumlah Lulusan yang Terlacak Jumlah Lulusan Terlacak dengan Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan Pertama
WT < 6 Bulan 6 ≤ WT ≤ 18 Bulan WT > 18 Bulan
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
TS-4 47 43 31 12 –
TS-3 80 76 56 16 3
TS-2 43 41 29 8 1

Pelaksanaan Tracer study pada Program Studi Tadris IPS Sejarah UIN Imam Bonjol Padang Berkoordnasi dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta Lembaga Penjamin Mutu UIN Imam Bonjol Padang, berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaaan, evaluasi dan tindak lanjut. Pelaksanaan Tracer Study dilakukan secara berkala, mengacu kepada program yang telah ditetapkan oleh Lembaga penjamin mutu UIN Imam bonjol Padang dan dilaksanakan satiap sekali dalam setahun. Pelaksanaan tracer studi dilakukan dengan mengggunakan google formulir dengan tujuan memudahkan sampai kepada lulusan atau sasaran tracer yang berada di berbagai daerah di Sumatera Barat khususnya dan beberapa provinsi disekitarnya. Koesioner tersebut berisi pertanyaan-pertanyaan yang memuat pertanyaan inti yang telah diturunkan dari pertanyaan tracer study dikti. Sasaran pelaksanaan tracer studi diupayakan mencapai semua lulusan dan hasil dari tracer studi dianalisis dan digunakan untuk mengetahui kelemahan dan keungguan program studi demi perbaikan dimasa yang akan datang.

Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa pada TS-4 dari 47 lulusan 43 orang terlacak melalui tracer study dan 37 diantaranya mendapatkan pekerjaan dibawah 6 bulan dan 6 lainya mendapatkan pekerjaan antara 6-18 bulan serta tidak ada lulusan yang mendapatkan pekerjaan diatas 18 bulan. Pada TS-3 jumlah lulusan sebanyak 80 orang dengan 76 teracak pada tracer studi, dan diketahui bahwa 76 orang memperoleh pekejaan sebelum 6 bulan dan 8 orang    mendapatkan pekerjaan 6-18 bulan serta 3 orang mendapatkan pekerjaan diatas 18 bulan. Dan pada TS-2 jumlah luluan sebanyak 43 orang dan yang terlacak sebanyak 41 orang diketahui 37 orang mendapat pekerjaan dibawah 6 bulan, 3 orang antara 6-18 bulan dan 1 orang lebih dari 18 bulan. Jika dirinci lagi lebih spesifik banyak lulusan Prodi Tadris IPS Konsentasi sejarah yang memperoleh pekerjaan dalam waktu 3 bulan setelah lulus bahkan ada beberapa yang sudah bekerja sebelum lulus ditempat mereka di praktek lapangan. Pada TS-4 dari 37 orang mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan 13 orang mendapatkan pekerjan sebelum 3 bulan setelah lulus. Pada TS-3 dari 64 orang yang lulus dibawah 3 bulan 27 orang mendapat pekerjaan  dibawah 3 bulan dan pada TS-2 dari  35 yang mendapat pekerjaan 6 bulan 9 orang mendapatkan pekerjaan dibawa 3 bulan.


Tingkat Relevansi Pekerjaan

Data tentang tingkat relevansi pekerjaan lulusan yang telah terlacak dapat dilihat seperti tabel dibawah ini:

Tabel 9.1.2.5 Tingkat Relevansi Pekerjaan

Tahun Lulus Jumlah Lulusan Jumlah Lulusan yang Terlacak Jumlah Lulusan Terlacak dengan Tingkat Relevansi Bidang Kerja
Tinggi Sedang Rendah
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
TS-4 47 43  36 5 2
TS-3 80 76 65 8 3
TS-2 43 41 26 3 12

 

Tabel diatas memperlihatkan bagaimana tingkat kesesuain bidang kerja lulusan tadris IPS konsentrasi sejarah mulai dari TS-4 sampai TS-2 sangat tinggi. Relevansi pekerjaan tertinggi terjadi di TS-3 dimana 65 dari lulusan diterima atau bekerja sesuai bidang. Jika dipersentasikan relevansi pekerjaan mahasiswa yang lulus pada TS-4 adalah 83%, yang lulus pada TS-3 sebanyak 85 % sedangkan pada TS-2 sebanyak 60%, rendahnya relevansi pekerjaan pada TS-2 disebabkan oleh Pandemi Covid 19 yang dialami oleh Indonesia, dan hal ini berdampak pada alumni yang tamat dalam mendapatkan pekerjaan.

Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan

Data tentang tingkat kepuasan pengguna terkait dengan tujuh jenis kemampuan yang ditunjukkan oleh lulusan (Tabel 9.1.2.6).

 

Tabel 9.1.2.6 Tingkat Kepuasan Pengguna Lulusan

No. Jenis Kemampuan Tingkat Kepuasan Pengguna (%) Rencana Tindak Lanjut oleh PS dan/atau UPPS
Sangat Baik Baik Cukup Kurang
(1) (2) ( 3 ) (4) (5) (6) (7)
1 Etika berperilaku 91,2 8,8 – – Mengadakan Seminar dan sosialisasi tentang etika kepada mahasiswa serta penanaman etika di setiap mata kuliah
2 Kinerja yang terkait dengan kompetensi utama 70,6 29,4 – – Pengutan Implementasi RPS dan kegitan seminar yang berhubngan dengan kompetensi utama
3 Kemampuan bekerja dalam tim 58,1 18,9 18,6 4,4 Menadakan sosialisasi masif kepada mahaiswa akan pentingnya UKM sebagaai sarana pengembangan diri terutama kerjasama tim
4 Kemampuan berkomunikasi 72,3 22,6 2,7 2,4 Mengadakan pelatihan public speaking dan orientasi lainya
5 Kemampuan berbahasa Inggris 70,9 26,3 5,7 1,4 Sosialisasi dan Penguatan TOEFL Mahasiswa
6 Kemampuan penggunaan teknologi informasi 72,6 19,6 4,4 3,4 Mengadakan wrokhsop dan seminar mengenai penggunaan IT
7 Upaya pengembangan diri 68,2 23,3 5,7 2,7 Melalui seminardan wrohkshop mendorong mahasiswa untuk memiliki motivasi berprestasi tinggi sehingga mendorong paya pengembangan diri

Dari diagram diatas terlihat bagaimana kepuasaan penggunan terhadap mutu lulusan prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah. Berkaitan dengan etika lulusan semua responden yang terdiri dari pimpinan lembaga dimana alumni bekerja memberikan jawaban sangat baik sebanyak 91,2 % dan baik sebanyak 8,8%. Pada aspek penguasaan kompetensi utama 70,6 memberikan respon sangat baik dan 29,4 memberikanrespon baik. Bidang penguasaan bahasa asing 70,9 % responden memberikan tanggapaan sangat baik, 26,3 baik dan 5,7% cukupserta 1,4 kurang. Bidang penguasaan IT 72,6% responden memberikan jawaban sangat baik, 19,6% baik, 4,4% dan 3,4% kurang. Pada bidang komunikasi 72,3 % responden memberikan jawaban sangat baik, 22,6 % baik, 4,4% Cukup dan 3,4 kurang. Pada bidang kerjasaman 58,1 % memberikan jawaban sangat baik, 18,9%   baik, 18,6 % Cukup dan 4,4% Kurang Pada bidang pengembagan diri 68,2%, 23,3% baik, serta 5,7 % cukub dan 2,7 kurang.

 

 


  • Share:

ABOUT INSTRUCTOR

admin_TIPS

Previous post

Mahasiswa
18 Juni 2022

Next post

Kerjasama
18 Juli 2022

You may also like

Indikator Seminar Proposal
18 Desember, 2022

Indikator Seminar Proposal

Tata Pamong, Tata Kelola dan Kepemimpinan
18 Agustus, 2022

Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kepemimpinan Tata pamong Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah dilaksanakan oleh Ketua Prodi sebagai unsur pelaksana akademik yang dipilih secara musyawarah dalam rapat senat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, selanjutnya direkomendasikan dan diajukan …

Kerjasama
18 Juli, 2022

Dalam melaksanakan Kerjasama terkait tridharma perguruan tinggi UPPS didukung dengan adanya dokumen formal yang terkait dengan kriteria tersebut. Adapun kebijakan dan dokumen formal yang dimaksud adalah sebagai berikut: 1)      Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012  tentang pendidikan Tinggi Pasal 48 yang …

Search

Kategori

  • Academic
  • Akademik
  • News
  • Tak Berkategori
(0751) 35711 (0751) 20923 (fax)
Jl. Prof. Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Anduring
(Kampus II)
Email
ftk@uinib.ac.id
Setiap Hari: 07:30 – 16:30
Minggu & Hari Libur Nasional: Tutup

“Menjadi Universitas Islam yang Kompetitif di ASEAN tahun 2037”

© Fakultas Tarbiyah dan Keguruan by UPT - TIPD UIN IB Padang